Kearifan ZHU

Jumat, Juli 20, 2012 di Jumat, Juli 20, 2012

‘Setiap tahunnya, Ikan Salmon seperti akan bermigrasi, melawan arus sungai,berkilometer jauhnya hanya untuk bertelur.  Perjalanan Salmon itu tidak gampang, dtengah berenang itu, beberapa diantaranya banyak yg mati kelelahan, banyak juga yang menjadi santapan beruang yang menunggu di tepi sungai yg dangkal, namun tetap saja ikan salmon itu tetap pergi, tetap pindah apapun yang terjadi.


Esensinya adalah menjadi makhluk hidup itu adalah pindah; dimulai dari kecil, kita pindah dari rahim ibu kedunia nyata, lalu pindah ke sekolah, pindah kepekerjaan dan akhirnya kita pindah ke mati, pindah ke alam yang lain.

Perpindahan adalah suatu hal yang pasti. Cuman terkadang perpindahan selalu diidentikkan dengan perpisahan, hingga kesedihan menjadi sesuatu yang mengikutinya. Padahal untuk melakukan pencapaian yang lebih, kita tak bisa hanya bertahan ditempat yang sama. Tak perlu menjadi manusia super. kita hanya perlu menjadi manusia setengah salmon. Berani mengambil keputusan dan berani pindah.'  

<Raditya Dika-: Manusia Setengah Salmon, - Hal. 252 s/d 253).

 
 


***


KEARIFAN ZHU





1 komentar:

BlogS of Hariyanto mengatakan...

banyak orang yang mengatakan bahwa manusia itu sebenarnya species yang bisa dikatakan sama dengan hewan..hanya yang membedakan..manusia lebih memiliki akal, namun sifat hewani masih ada dalam diri manusia...jadi kalau ada yang mengaku manusia setengah salmon..mungkin saja itu bisa terjadi...karena ada juga yang mengaku manusia setengah dewa :)