Rendezvous; tanda baca kenangan

Jumat, Juli 20, 2012 di Jumat, Juli 20, 2012


 < Photos by Violet Fotografy - locate at  Unhas Lake, Tamalanrea>

Kata orang, cinta itu universal. Cinta kepada Tuhan, Manusia, alam raya atau apapun disekitar kita. Perasaan yang tumbuh tanpa tak ada seorang pun yang bisa mengetahui kapan datangnya. Ia tumbuh bersemayam dan akhirnya bersinergi dalam sikap dan perilaku. Hingga akhirnya tanpa kita sadari, terkadang kita menjadi untuk lebih memberi perhatian lebih, serta berusaha untuk melakukan apapun tiada lain agar selalu dekat dan bersama dengan orang yang kita kasihi. 

-------------------------------------------------------------------------
Syahdan, seorang Raja bernama Shan Jahan  membangun sebuah Istana Mahkota yang dibangun antara tahun 12631-1648 hanya untuk mengenang mendiang istrinya sang permaisuri Mumtaz Mahal saat melahirkan putra ke-14 mereka. Begitu berdukanya sang raja hingga ia bertekad untuk membuat suatu makam yang tak akan pernah di saksikan orang lain manapun didunia hingga kemudian sang raja akhirnya mengerahkan ribuan tenaga kerja untuk membuat monumental cinta, Taj Mahal.
--------------------------------------------------------------------------
Pada Abad ke-20, di benua Amerika sana hiduplah tokoh fiktif kartun babi cantik bernama Miss Piggy yang menjadi pusat perhatian semua mahluk di sesame street.  Miss piggy ini jatuh cinta dengan seekor katak jelek yang kecil, lemah dan sangat sederhana bernama  Kermit yang secara fisik si kermit ini sangat kontradiksi dengan Miss Piggy yang cantik. Namun saking cintanya dengan sang pujaan hati, Piggy sampai tak sadar bahwa perwujudan rasa sayangnya dia justru malah menyiksa kermit yang akhirnya menjadi bulan bulanan ejekan bahkan siksaan dari lingkungan sekitar piggy yang juga jatuh hati pada Miss idola Sesame Street.
---------------------------------------------------------------------------
Petrus Abelard dan Heloise, abad ke12, Perancis. Teolog dan dosen Abelard berusia masih 17 tahun ini merupakan guru dari Heloise. Diam-diam mereka menikah, tapi paman Heloise mengetahui dan menyuruh tuk di kebiri. Namun terlambat, mereka sudah mempunyai seorang anak. Akhirnya pasangan ini dipaksa tuk berpisah oleh keluarga dan gereja, dan petrus pun masuk biara, ia memilih menjadi seorang biarawan, dan surat-surat cinta mereka masih ada. Jenazah dan cinta mereka pun akhirnya terkubur bersama-sama di Paris.
----------------------------------------------------------------------------
Daur hidup Belalang Sembah (sebutan Makassar kadang disebutnya 'katimbang') sangatlah menyentuh. Seumur hidup, belalang sembah jantan hanya melakukan sekali pernikahan dalam hidupnya. Setelah melakukan percumbuan, sang jantan pun mati di hadapan belalang betina dan kepalanya kemudian disantap oleh belalang betina untuk meneruskan kehidupan.
----------------------------------------------------------------------------

Demi cinta dan rasa patuh kepada suami, sang istri Siti Hajar rela ditinggalkan  Nabi Ibrahim yang bersama putranya Nabi Ismail as yang masih merah, ditengah padang pasir panas, gunung batu di kota mekkah yang ketika itu tidak ada tanda-tanda kehidupan yang ada hanyalah tanda-tanda kematian, bahkan dikatakan oleh para ulama saking mengerikan kota Mekah kala itu bahwasanya jin pun tidak berani tinggal di tempat tersebut.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
                                                                                                                                    ** disadur dari berbagai sumber

Penggalan beberapa kisah cinta 'the true love' itu adalah satu dari jutaan kisah cinta indah diluar sana. Hingga sekarang, para sufisme dan pujangga sejak jaman dahulu telah mengapresiasikan  perasaan cinta itu mereka dalam bentuk syair puisi, gubahan lagu, bahkan refleksi coretan gambar yang menjadi sebuah mahakarya agung sepanjang jaman

Kini, seiring waktu berlalu, apresiasi kasih sayang ini semakin bervariatif. Tentu setiap orang juga tentunya memiliki kisah cinta kepada yang dia cintai. Dan konon katanya, sebahagian orang juga malah menganggap bahwa cinta itu sebenarnya adalah sebuah bentuk perasaan 'aneh'. Dengan perasaan cinta tersebut,  seseorang terkadang mampu melakukan hal hal yang 'luar biasa', diluar dari kebiasaan dan kemampuannya.

Ya, boleh jadi cinta dan kasih sayang itu memang aneh.  Dari jutaan kisah diluar sana, boleh jadi  kisah cinta mereka lebih mengharu biru.  Romeo & juliet atau epik sinriliq Datu Museng  Maipa Deapati dari ranah bugis makassar nan elok misalnya. Sedemikian melegendanya hingga banyak melahirkan inspirasi dari para penggiat sastra untuk membuat karya sastra sejenis. Buku karya cinta melegenda itu beberapa diantaranya tersembunyi di dibawah kasur tempat tidur bilik kamar pemuda kampung jauh di pelosok sana, hingga tersusun rapi dalam tatanan e-library perpustakaan dunia, menjadi sebuah sajian sastra yang layak dijadikan pembelajaran serta esensi cinta sejati. Meskipun tak ingin berharap sama Endingnya dengan roman itu namun setidaknya dari beberapa penggambaran tentang perjuangan cinta abadi tentulah jadi cerita romantik yang tak lekang oleh waktu.
*** 





"Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan kata yang tak sempat diucapkan kayu
kepada api yang menjadikannya abu

Aku ingin mencintaimu dengan sederhana:
dengan isyarat yang tak sempat disampaikan awan
kepada hujan yang menjadikannya tiad
a"
  

                                                     
                                                                 (Sapardi Djoko Damono)

Puisi 'Aku Ingin' ini tertera di kartu undangan pernikahan kami. Acaranya tanggal 30 Juni 2012 dgn Resepsi Malam di Gedung IMMIM Mks. Puisi ini sengaja diambil dari kumpulan puisi Hujan Bulan Juni karya Sastrawan Indonesia, Sapardi Djoko Damono. Sengaja kami mencantumkan puisi ini selain karena muatan lokalnya adalah beliau adalah sastrawan dari negeri sendiri, karyanya mumpuni, dan yang terpenting adalah benang merah dari puisi ini sedikit tidaknya mewakili pesan bahagia yang ingin kami sampaikan.

Saya tak memiliki  buku kumpulan puisinya. Puisi ini kami ambil dari pencarian di Internet. Dan menurut infonya, puisi ini  terdapat dalam kumpulan puisi hujan bulan juni nya pak Sapardi. Mengingat acara kami bertepatan dengan bulan juni, saat dimana curah hujan saat itu masih sesekali jatuh membasahi bumi, kami berharap semoga hujan dibulan juni ini tetap selalu memberi kesejukan dan kesejahteraan kepada kami dan seluruh isi dunia,

Selain tercantum dalam undangan fisik, Puisi hujan bulan juni juga juga kami tuangkan dalam blog invitation kami di http://www.syamferry.com dengan masa domain setahun.

Tanggal ini adalah murni pilihan kami berdua. Pilihan tanggal 30 Juni 2012 itu sebenarnya tanpa sengaja tapi rupanya cukup bermakna, Alasan utamanya adalah karena selain memang dapatnya tanggal segitu dari pihak gedung, juga setelah melihat dengan seksama rupanya tanggal tersebut adalah hari ulang tahun dari ibu mempelai wanita dan juga masih rangkaian dari tiga hari setelah hari ulang tahun dari mempelai pria.
Ohya, sedikit flashback, awal perkenalan kami bermula dari perkenalan di sebuah situs jejaring pertemanan dan  akhrinya berlanjut ke saling bertukar Nomor Pin BB dan telepon. 

Karena saat itu masih suasana libur Idul Fitri 1432H, Saya menganggap pertemuan pertama itu sangat berkesan; Laiknya tipikal remaja masa kini, pertemuan awal  ini dilalui dengan pilihan nonton  berdua film kungfu panda yg kebetulan sementara tayang di XXI Mall Panakkukang Makasar :). Hunting mencari tempat makan coto yang rata rata masih tutup, aksi mendorong motor dpn RRI yang tiba tiba mogok dan akhirnya diakhiri dengan sholat Ashar berjamaah di mesjid terdekat serta mengantarnya pulang. 

Long Distance Relationship (LDR) antara Mks- Jkt ini  ini pun berlanjut. Tak hanya di jejaring maya, tapi juga kami sempatkan lewat fasilitas bbm-nya si blackberry sampai ke surat elektronik dan sesekali jika ada kesempatan, kami saling mengunjungi ke kota masing masing.

Alhamdulillah, acara sederhana kami berjalan lancar. Setelah siang harinya telah berlangsung ijab kabul dalam adat Makassar di rumah mempelai wanita, dan malamnya juga dilangsungkan resepsi pernikahan dalam balutan busana adat jawa.

Kami berharap pernikahan ini selalu dalam Ridho Allah SWT,  menjadi keluarga yang Sakinah,  Mawaddah Warahmah,  memiliki keturunan yang shaleh/sholehah, sehat cerdas dan berguna bagi keluarga dan Nusa Bangsa. Amin.














0 komentar: