Sop Konro Bagi Jiwa

Jumat, Desember 18, 2009 di Jumat, Desember 18, 2009


Perjalanan lahirnya buku “Sop Konro untuk Jiwa” ini berawal dari keinginan anggota komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri (www.angingmammiri.org) untuk mempersembahkan tulisan-tulisan inspiratif pembangun dan penyemangat yang mampu mencerahkan jiwa guna menandai usia ketiga tahun komunitas ini yang diperingati setiap tanggal 25 November.

Kenapa mengambil istilah Sop Konro?

Kami memilih nama salah satu hidangan kuliner khas ala Makassar ini sebagai “ikon” buku ini selain untuk mengabadikan nama makanan ala Makassar itu, juga menjadikan judul buku ini memiliki “cita rasa” unik dan berbeda dengan buku-buku serupa yang sudah beredar..

Sop Konro sendiri adalah berupa sop berkuah dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/dibakar dengan bumbu ketumbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, vitsin yang sudah dihaluskan. Sop Konro pada umumnya disajikan/dimakan bersama nasi putih dan sambal. Rasanya sangat eksotik dan nikmat.(Copas Fr Angingmammiri.org)
----------------------------------------------------------------------------------
Senang, akhirnya saya bisa ikut juga berpartisipasi bersama teman teman bloggers Mks dalam sebuah proyek buku ke-dua persembahan komunitas blogger AngingMammiri Mks. Dari tiga tema besar yaitu Tentang Cinta, Pengorbanan dan Persahabatan, Tentang Sudut Pandang dan Pengajaran , Tentang Rasa Sakit, Kehilangan dan Ketabahan, saya menyumbangkan dua tulisan berjudul "Kelong untuk Anak" di kategori sudut pandang, dan "Kami harus usung kerandanya" untuk kategori tentang rasa sakit, kehilangan dan ketabahan.

Ide Cerita ini mengalir begitu saja. Saya ketik sewaktu malam senggang di Sinjai. isinya erisi murni pengalaman pribadi yg coba saya pindahkan dalam bentuk script untuk komsumsi buku. Ohya, sedikit bocoran mengenai dua kisah saya, tokoh sentral di cerita KUA adalah ponakan dan Almarhum Teman SMP untuk cerita KHUK ..wkk (siap siap tanda tangan artis) :). Nah, Informasi terakhir dari soft launcing blogfest buku "sop konro untuk jiwa" yg sempat saya hadiri beberapa waktu lalu di kafe blogger Mks, rencananya buku ini akan beredar Awal Januari 2010 bulan depan ditoko toko buku kesayangan anda. (Promosi adalah bagian dari gaya hidup wkkk)

Namun tak ada gading yg tak retak, kami terkhusus saya pribadi menyadari sepenuhnya masih banyak yg mungkin harus di benahi terutama dalam hal teknis dan gaya masing masing penulis. Namanya sop Konro, tentu akan banyak warna dan rasa yang akan semakin memperkaya isi buku. Akhirnya penuh harap, semoga apa yg tersaji dalam buku ini nantinya dapat menambah referensi kita terutama memperkaya keberagaman buku karya anak bangsa. Mari kita sama sama sharing dan belajar, bersilaturahim dan saling berbagi melalui sebuah persembahan buku dari ranah daeng-Kota Makassar. Jangan lupa kritik dan sarannya di tunggu lho, hehe.. mmmmm Marikidii''

0 komentar: