Ber-qurban Dua Ribu Dua Belas

Minggu, November 29, 2009 di Minggu, November 29, 2009



Sepertinya belum cukup terlambat untuk sekedar menuntaskan janji bersama teman untuk menonton film 2012. Sebuah film bergenre Action Drama Thriller yg menggambarkan akan datangnya bencana di Tahun 2012. Lagi lagi sebuah halusinasi yang ditransformasikan kedalam alur teknologi audio visual yang luar biasa. Hingga akhirnya datanglah Liburan Ied Adha Ini. Pembuktian bahwa Film ini cukup kontroversi, terjawab sudah diselingi rasa puas sampai keluar studio. ya ya memberi sedikit referensi baru yang membekas untuk bekal di bawa pulang.

Beberapa catatan yg sempat saya tinggal adalah : Film ini sama sekali tak menggambarkan hari kiamat yang sebenarnya. Layaknya film Amerika yang hampir beragam dan sudah sudah dimana saya merasa film Amerika selalu menyisipkan pesan moral yg menyentuh, tentang ikatan emosional antara anak dan ayah, bagaimana sang ayah berusaha memperbaiki kembali keutuhan keluarga meskipun dalam situasi yang kurang menguntungkan. Dalam situasi apapun. Mampu mengaduk dan mempermainkan emosi penonton hingga mengharubiru. Yang adalah hanyalah penggambaran sebuah kejadian bencana dibumbui kisah heroik dan romantisme yang tak berakhir di atas ranjang seperti filem amerika pada umumnya dan tentunya sedikit ke "arogansian" menurut saya dimana bukan hanya di film ini, di beberapa film laen dpt kita lihat di beberapa scene adegan film terselip gambar bendera Amerika (sebuah bentuk nasionalisme berbalut halus tapi mengena) hingga semuanya mengalir begitu saja.

Penggambaran cerita cukup variatif, menyebabkan penduduk dunia menjadi musnah. berawal dari sebuah penelitian yang berkelanjutan dari ramalan suku Maya Inca Peru yaitu suku Indian Amerika Tengah yang menghuni kawasan-kawasan yang sekarang menjadi wilayah Meksiko, Guatemala, dan sekitarnya. Nah, beberapa ahli astrofisika India dan Amerika ini melakukan penelitian akan gejala fenomena bumi yang akhir akhir ini menunjukkan aktifitasnya menunjuk ke ciri semakin dekatnya sebuah bencana besar akan kehancuran dunia.

Tak ada usaha untuk membelokkan sejarah atau berusaha membentuk opini bahwa Kiamat memang akan terjadi di tahun 2012. Film ini murni hiburan semata. Cerita terkemas Apik dengan balutan intrik intrik yang cukup Ringan. Justru Nilai positif yang bisa diraih adalah bagaimana kita semakin mengingat sang pencipta dengan menyaksikan dasyatnya dampak bencana yg ditimbulkan. Ini hanyalah sebuah Film bergenre, tentunya isyu akan bencana mungkin hanya timbul dari segelintir orang yg mungkin masih terbawa emosi alur cerita setelah menonton film ini. Penggambaran pemikiran dan beban berat yang seharusnya disandang setelah sejam lebih bergelap gelap ria  menyaksikan rupa bencana dan kerusakan yang dihasilkan. Sekali lagi semuanya serba mungkin atas Izinnya.

Hingga akhirnya cerita berlanjut dan berakhir dengan mengisahkan sebahagian penduduk Amerika yg akhirnya selamat dan bergerak menumpang kapal bahtera IV menuju ke benua daratan Afrika selatan yang sekarang menjadi lebih tinggi (dalam cerita). Ya ya.. Saya menganggap film ini akhirnya berakhir Happy Ending :) :)

Jika betul terjadi maka bersyukurlah kalian yang tinggal di belahan Asia Tenggara khususnya Kepulauan Nusantara - indonesia karena bencana ini hanya mngkin terjadi di beberapa Negara dibelahan bumi lainnya hehe..

Justru film ini setidaknya mengajarkan usaha pengorbanan dari seorang Ayah demi menyelamatkan keluarganya dan penduduk bumi dengan melepaskan lilitan yang membelit roda pintu kapal Bahtera IV yang akan membawa mereka menuju dunia baru yang cerah.. Sebuah filosofi yang mungkin hampir sama dengan hakikat dari Hari Raya Idul Adha 1430 H ini, bagaimana kita di tuntut untuk berkurban, membunuh sifat keegoan dengan menyembelih hewan ternak sapi, kambing atau unta sebagai symbol nafsu hewani yang selama ini memperbudak diri ..Ya, Momentum Hari Raya Idul Adha setidaknya mengantarkan bahtera perahu bagi saudara saudara kita yang sementara juga tengah berjuang, memenuhi panggilan Baitullah untuk memperoleh Kemenangan, mereka yang sekarang lagi menunaikan Ibadah Haji agar selamat tiba kembali di tengah keluarga dan menjadi Haji Mabrur

Selamat hari Raya Kurban Idul Adha 1430 H…

Postingan Terkait :
Investigasi Akhir Zaman
Resensi Film

0 komentar: