Akhirnya (BLT) datang Juga ...

Sabtu, Agustus 02, 2008 di Sabtu, Agustus 02, 2008


Ada rasa syukur mendapat kesempatan jadi Tenaga sukarela Penyaluran bantuan langsung tunai rumah tangga sasaran (BLT-RTS) kepada keluarga miskin di sinjai disaat hari libur Rabu 30/7-2008 bertepatan dgn Peringatan isra'-mi'raj kemaren.

Mulanya sih agak ragu juga, gue bisa ngga yach melaksanakan tugas MULIA tersebut. Setelah melihat SK Terlampir, saya langsung mencari tau suasana, medan dan karakteristik penduduk setempat Berhubung ini adalah pengalaman pertama, rasa was-was sempat juga menghampiri..

Akhirnya Hari yg ditunggu-tunggu tiba. Seluruh Tenaga sukarela berkumpul di Halaman Kantor Bupati Untuk mendengarkan instruksi dari panitia. oh ya, Tenaga sukarela ini melibatkan berbagai unsur muspida, staf departemen Negeri Sinjai, pegawai Pemda dan pegawai BUMN.

Sambil menunggu kedatangan bapak bupati, kami saling bercengkarama dan sesekali berkenalan. Maklum, ketemunya baru hari itu hehe. Sesuai SK edaran, selain juru bayar, sedangkan beberapa teman ada yang bertugas sebagai pelaksana adm, koordinator dan satuan Pengamanan.

Sesuai SK, Daerah lokasi BLT saya terletak di Desa Sanjai- Sinjai Timur. Penduduk Desa Sanjai - Sinjai Timur rata-rata menggantungkan hidupnya dari hasil laut. Tingkat kemiskinan masih cukup tinggi. menyebutkan nama sinjai timur, biasanya identik dengan daerah pantai. Wahh, Harus menyiapkan topi dongk

Untunglah Kepala Desa tempat kami bertugas cukup kooperatif. Selain di jamu makan siang dan peganan kecil, kepala desa juga membantu kami menverivikasi dan mencocokkan penduduk desa yang memang berhak untuk mendapatkan dana. Saat itu diransel saya tersedia dana senilai Rp. 125.700.-000. Target kami, dari Jumlah Gakin (keluarga miskin) sebanyak 419 kk harus disalurkan sebelum jam 9 malam, mengingat besoknya kami harus kembali beraktifitas kantor seperti biasa. Akhirnya dana BLT bisa juga tersalurkan tanpa kendala yang berarti.

Menurut pihak kantor pos yg sy kutip dari Sinjai.com, jumlah penerima BLT tahun ini sebanyak 16.268 KK. Jumlah tersebut bertambah 19 rumah tangga sasaran. Dari sebelumnya sebanyak 16.249 KK dengan total dana yang akan disalurkan sebesar 4.880.400.000 (EMPAT MILIAR DELAPAN RATUS DELAPAN PULUH JUTA EMPAT RATUS RIBU RUPIAH )

Rasa puas tak terkira begitu melihat apresiasi dari masyarakat yang menerima bantuan. Tak kadang, beberapa diantara mereka baik yg muda maupun orang tua tanpa rasa sungkan dan penuh haru, menyalami dan mencium tangan kami usai menerima dana BLT senilai Rp. 300 Ribu perak.

Proses penyaluran BLT dilakukan secara door to door atau dari rumah ke rumah penerima BLT tersebut sebagaimana yang telah dilakukan beberapa tahun lalu. Bisa jadi, Kabupaten Sinjai merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang menerapkan sistem pembayaran BLT dengan mengunjungi langsung masyarakat miskin di tempat tingalnya masing-masing

0 komentar: