Melati dari Jaya Giri (Sebuah Refleksi Frustek)

Rabu, Agustus 15, 2007 di Rabu, Agustus 15, 2007

Lagunya sekitar tahun 70-80an, saya nda tau persis tahunnya. Yang jelas dinyanyikan oleh grup Bimbo (Syam, Acil, Jaka, Iin Parlina), oh ya, waktu itu Saya masih SD kelas 3 an. Masih "brondong" lah istilah orang sekarang hehe.. Lagunya bergenre nostalgia. Tapi menurutku sih lebih mengaah ke pop ballad. Tapi terserahlah orang bilang apa. Yang jelas ini adalah Lagu nostalgia pertama yang saya hapal ..hehe. Gilee, anak SD kok Suka lagu nostalgia yach?.. tapi swear dehh, lagunya memang bagus banget.

Sampai sekarang saya masih sering putar lagunya. Lagunya Dramatik. Menyentuh. Syairnya Dalam. Lagu versi gubahan Mas iwan abdurrahman-Wanadri ini sepertinya lebih mantep lagi bila di bawakan dalam versi teaterikal atau accoustic kan gitu .. Lebih Kena. Wahh.. Sepertinya saya jadi ingin kembali lagi ke masa SD yang indah .. Hmmm.




Melati dari Jayagiri
Kuterawang keindahan kenangan
Hari-hari lalu di mataku
Tatapan yang lembut dan penuh kasih …

Kuingat di malam itu
Kau beri daku senyum kedamaian
Hati yang teduh dalam dekapan
Dan kubiarkan kau kecup bibirku

Mentari kelak kan tenggelam
Gelap kan datang dingin mencekam
Harapanku bintang kan terang
Memberi sinar dalam hatiku

Kuingat di malam itu
Kau beri daku senyum kedamaian
Mungkinkah akan tinggal kenangan
Jawabnya tertiup di angin lalu
...............................

Next To SMP ahhh

Kita Flashback dulu yach ..

Melati dari jayagirinya akhirnya berlanjut ke SMP. Ceitanya begini : Begitu menginjakkan kaki di kelas 2 SMP, Sekali waktu pernah ada suatu kejadian. Kalo ngga salah disalah satu upacara hari senin. Biasalah anak sekolahan, Hari Senin kudu wajib ikutan upacara. Yach, mau ngga mau akhirnya kita berbaris juga dibawah sinar matahari. Pas upacaranya kelar, eh tiba2 ada salah satu rombongan anak kelas 1 putri di deretan depan yang tiba2 terjatuh pingsan. Mungkin kecapean berdiri kalee. Bisa juga doski telat sarapan gara2 buru2. Akhirnya sang anak tersebut digotong oleh beberapa temannya dibantu guru pendamping dibawah ke ruang UKS..
Pas diruang UKS, tiba2 datanglah dengan tergopoh gopoh seorang gadis berlarian menuju uang UKS. Tenyata dia adalah sang kakak yang pingsan. Rupanya dia baru mengetahui ternyata yang pingsan dilapangan upacara tadi adalah adiknya. Sang Kakak datang menjenguk. Selidik punya selidik ternyata doski adalah rekan seangkatan gue di kelas 2. Heran, kok saya baru liat yach !! Saking gugupnya, saya jadi lupa cari tau sang kakak tsb anak kelas berapa..
Prasaan aneh itu tiba2 datang..
Apakah ini yang dinamakan orang "Love First Sight".?


Dengan cekatan, si Kakak membuka kaos kaki adeknya lalu mengipas2 nya dengan buku. Kemudian dia memijit2 kaki dan betis adiknya. Dengan sabar, dia terus memijat adiknya. Sang guru yang berada disamping nya pun ikut membantu memberi minyak gosok seraya sesekali melumuri hidung si adik dengan minyak kayu putih.
Saya yang kebetulan bersebrangan kelas dengan ruang UKS pun curi2 pandang memperhatikan mereka. "Ni orang kok keibuan banget yach.. jadi ingat ibu gue dirumah" Saya bergumam... Alhamdullah, tak lama berselang, bapaknya datang menjenguk disekolah dan akhirnya si adik bisa siuman dan kembali kekelasnya...
Singkat cerita, Skarang gue ngga tau melati dari jayagiri kabar terakhir gimana.. malas ma' cari tau lagi berita terbarunya. Tapi Gue yakin. Sekarang doski dah bahagia dengan kehidupannya yang baru. Gue juga yang salah. perjuangan tempo hari ngga maksimal. Tapi asal dia tau aja, gue punya alasan jelas kok knapa ngga mau maksimal. Banyak faktor lah yang membuat akhirnya gue jadi harus sabar dan sadar, sepertinya inilah yang terbaik yang gue lakukan.. DIAM DAN MELIHAT SAJA. Cukup gue saja yang tau. Finally, ceritanya segini saja. Ngga usah diulas disini ....
Yang jelas, gue selalu berdoa kepada yang di ATAS, semoga "Melati dari jayagiri" nya skarang sudah berbahagia. Doski memang pantas kok mendapatkan yang terbaik. Tetapi apapun bentuknya, saya berharap suatu saat kelak saya akan menemukan kembali "melati dari jayagiri" yang saya cari itu...Huk.huk.hukk




2 komentar:

el-ferda mengatakan...

saya juga baru dengerin lagu ini setelah sekian lama. selengkapnya saya tulis di blog dengan judul Melati Jaya Giri. ada kesan yang tak terpermanai. lagu itu saya dengarkan saat masih kecil. jadi kalau denger lagu itu lagi, rasanya saya kembali ke kanak-kanak dulu kala. damai.

el-ferda mengatakan...

saya juga punya kesan dengan lagu ini. selengkapnya di blog saya.

"“Melati dari Jaya Giri …” bolak-balik aku putar tembang kenangan itu. Aku punya kesan yang dalam khusus pada “Jaya Giri”. Aku belum pernah ke sana. Tapi aku merasakan sesuatu yang begitu dalam dan seakan sudah mengenalnya."

salam kenal.