News Radio

Kamis, Juli 26, 2007 di Kamis, Juli 26, 2007

Gelombang radio adalah satu bentuk dari radiasi elektromagnetik, dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dimodulasi (dinaikkan frekuensinya) pada frekuensi yang terdapat dalam frekuensi gelombang radio (RF) dalam suatu spektrum elektromagnetik. Gelombang radio ini berada pada jangkauan frekuensi 10 hertz (Hz) sampai beberapa gigahertz (GHz), dan radiasi elektromagnetiknya bergerak dengan cara osilasi elektrik maupun magnetik.

Gelombang elektromagnetik lainnya, yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputi sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya terlihat.

Ketika gelombang radio dipancarkan melalui kabel, osilasi dari medan listrik dan magnetik tersebut dinyatakan dalam bentuk arus bolak-balik dan voltase di dalam kabel. Hal ini kemudian dapat diubah menjadi signal audio atau lainnya yang membawa informasi.

Meskipun kata 'radio' digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan alat penerima gelombang suara, namun transmisi gelombangnya dipakai sebagai dasar gelombang pada televisi, radio, radar, dan telepon genggam pada umumnya.

Radio tidak bisa lepas dari kehidupan. Anda yang suka dengar musik atau berita pasti kenal yang namanya radio. Radio bisa menemani aktifitas kita.

Radio kini bukan sekadar pemutar lagu, atau pembaca berita. Lebih dari itu, buat sebagian kita, radio sudah bisa menjadi teman curhat yang baik!

Sejak lama, media elektronik satu ini memang dikenal punya sifat unik, yang membedakannya dengan media jenis lainnya. Ada semacam rasa intim yang bisa dibangun antara radio dengan pendengar, yang media cetak, bahkan media elektronik kayak TV atau Internet sekalipun tidak bisa menyentuhnya.

Berbekal kekuatan itulah, dewasa ini radio tumbuh sebagai "teman" yang setia bagi pendengarnya. Lebih dari sekadar media penyampai berita, atau penghibur dengan memutarkan deretan lagu-lagu yang disuka....

0 komentar: